“Bismillah….saya pasrahkan semuanya kepada Allah sesuai dengan kehendak-NYA….”

Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang pencapaian salah satu impian saya untuk mengunjungi daratan Eropa. Sudah lama sekali, di benak saya, saya ingin mengunjungi daratan Eropa. Dan salah satu negara yang ingin saya kunjungi adalah Jerman. Alhamdulillah kesempatan untuk mengunjungi Jerman ada di hadapan saya.

Tanggal 15 Maret 2012, saya iseng-iseng untuk berselancar di internet. Kata kunci yang saya masukkan ke salah satu mesin pencari yang terkenal adalah “Summer course” atau “Summer school” dan “Coral Reef” atau “Biodiversity”. Bukan iseng sebenarnya, tapi memang setiap tahun di bulan februari atau maret biasanya terdapat pengumuman aplikasi summer course atau semacam training/kursus yang dilaksanakan di negara-negara yang sedang mengalami musim panas pada bulan Juli hingga Agustus. Seperti tahun 2011 lalu, saya juga berkunjung ke Florida, Amerika Serikat, untuk mengikuti acara summer course. Mencari dan mencari, saya menemukan beberapa summer course yang tersedia. Namun, deadline pengiriman aplikasinya sudah banyak yang lewat. Akhirnya, ada satu summer course yang masih menerima aplikasi. Di pengumuman itu tertulis “International Summer School University of Osnabrück on Biodiversity. The deadline is extended until March 20, 2012”. “Wah…boleh nih di coba nih!,” pikir saya. Apalagi deadline-nya diperpanjang, berarti masih banyak kursi kosong.

Langsung saya kirim email ke Anne Zimmermann, contact person seperti yang tercantum, untuk menanyakan kemungkinan apakah saya boleh ikut mengingat status saya sudah bukan student lagi. Saya jelaskan bahwa saya bekerja di TERANGI di bidang penelitian. Email sudah dikirim. Ternyata sorenya, saya langsung mendapatkan email balasan dari Anne. “Boleh silakan, tapi harus dengan Motivation Letter yang kuat.”.

Masih ada waktu 5 hari. Segera saya membuat motivation letter dan mengisi formulir aplikasi. Tiga hari kemudian, setelah saya benar-benar yakin, saya kirimkan aplikasinya. Bismillah….saya pasrahkan semuanya kepada Allah sesuai dengan kehendak-NYA.

Tiga minggu kemudian, ada email masuk dari Anne Zimmermann. Congratulation! Ya, alhamdulillah aplikasi saya diterima. Yang lebih membuat saya gembira lagi adalah saya mendapatkan grant dari DAAD dan University of Osnabrück yang berarti saya tidak perlu membayar tuition fee dan akomodasi selama di Jerman. Berita ini seperti obat bagi saya, karena beberapa hari sebelumnya ada pengumuman dari OIMAP (Okinawa International Marine Science Program), bahwa saya belum berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S2 di University of Ryukyus, Okinawa, Jepang.

Selanjutnya, yang harus saya lakukan adalah mengurus visa Schengen untuk bisa masuk ke Jerman dan membeli tiket pesawat. Bismillah…:)

 

Advertisements