Siapa yang tidak mengenal Bali? Bali, yang di kalangan orang-orang bule lebih dikenal daripada nama Indonesia, memiliki banyak tempat yang menjadi tujuan bagi para wisatawan baik untuk wisata budaya maupun wisata bahari termasuk selancar dan penyelaman (diving). Salah satu lokasi penyelaman yang terkenal adalah Nusa Penida. Bali

Nusa Penida atau Pulau Penida adalah salah satu pulau yang terletak di tenggara Pulau Bali yang memiliki beberapa lokasi penyelaman yang populer seperti Crystal Bay yang terkenal sebagai lokasi untuk melihat ikan mola-mola. Daya tarik lain dari Nusa Penida adalah pari manta yang juga relatif mudah ditemukan di barat daya Nusa Penida, khususnya di Manta Point.

 

Bulan Juni – Agustus merupakan waktu terbaik untuk melihat pari manta dan mola-mola di Nusa Penida. Tentu saja, meskipun waktu-waktu tersebut merupakan musim bagi kedua ikan tersebut, tetap keberuntungan menjadi faktor utama untuk berinteraksi dengan mereka secara langsung di alamnya. Pada periode ini, perairan di sekitar Nusa Penida juga memiliki temperatur yang sangat dingin mencapai sekitar 20oC yang memang cocok bagi Mola-mola. Selain temperatur yang sangat dingin, hal yang kurang bersahabat bagi penyelam adalah gelombang laut yang relatif besar dan berpotensi membuat perairan menjadi keruh sehingga mengurangi kenikmatan dalam menyelam.

Namun demikian, di tengah deburan ombak yang cukup menantang, banyak hal yang masih bisa dijumpai di bawah air Nusa Penida. Berbagai biota kecil seperti bintang laut dan kelinci laut atau Nudibranch dengan warna-warni tubuhnya yang bervariasi cukup mudah ditemukan jika kita cukup jeli melihatnya bergerak di atas celah-celah terumbu karang. Selain itu, blue-spotted ray atau pari totol biru juga biasanya mudah ditemukan sedang menyembunyikan dirinya di bawah permukaan pasir secara berkelompok dengan pari yang lain. Tidak lupa, pari manta yang termasuk salah satu biota laut cerdas juga menampakkan dirinya di Manta Point sedang membuka mulutnya untuk menyaring plankton di permukaan air.

Tertarik untuk menyelami perairan Nusa Penida untuk melengkapi petualangan di Nusantara?!

Advertisements