Ukurannya yang bersifat raksasa bukan berarti bahwa Manta termasuk berbahaya bagi manusia. Manta justru cenderung cenderung jinak dan seringkali malah tidak terganggu dengan kehadiran penyelam yang berada di sekitarnya.

Pari manta (Manta Ray) merupakan ikan bertulang rawan atau lebih dikenal dengan Elasmobranchii, sehingga pari manta masih memiliki hubungan dengan ikan hiu dan jenis ikan pari yang lain. Pari manta termasuk dalam famili Mobulidae dan genus Manta.

Habitat pari manta merupakan daerah pesisir dan lautan di daerah tropis dan sub-tropis, terutama daerah perairan yang sering terjadi upwelling – arus yang membawa massa air dingin dari laut dalam menuju permukaan laut yang biasanya membawa konsentrasi nutrient yang tinggi sebagai sumber makanan bagi manta. Manta merupakan filter feeder – biota yang makan dengan cara menyaring makanannya. Manta menyaring makanannya yang berukuran kecil seperti zooplankton dengan menggunakan insangnya.

Reef Manta 21
Indonesia has become the largest manta rays sanctuary in the world since early 2014. Will manta rays from all other places in the world migrate to Indonesia? πŸ˜€

Beruntung, banyak perairan di Indonesia yang seringkali mengalami upwelling dan menjadi habitat yang subur untuk pari manta. Berau di Kalimatan Timur, Nusa Tenggara – mulai dari Bali, Lombok, perairan P. Komodo, hingga Lamalera, dan perairan Raja Ampat di Papua Barat menjadi tempat favorit bagi biota raksasa ini.

Reef Manta 2
A black female reef manta in Raja Ampat is showing its belly and gills. In Indonesia, manta rays can be found in several tourism destination places such as Nusa Tenggara – from Bali, Komodo islands to Lamalera; Berau in East Kalimantan, Raja Ampat in West Papua.

Hingga saat ini, Manta terbagi menjadi dua jenis, yaitu Manta alfredi (Reef Manta)Β  dan Manta birostris (Oceanic Manta). M. alfredi cenderung menetap area terumbu karang dan bisa berkembang mencapai ukuran 4-5 meter. Ukuran ini dihitung melalui ujung kedua sayapnya saat membentang. Berbeda dengan saudaranya yang berukuran lebih kecil, M. birostris memiliki ukuran bentangan sayap mencapai 7 meter. Selain itu, M. birostris juga bersifat oceanic – banyak menghabiskan waktu di laut lepas dan memiliki jalur migrasi yang lebih jauh dan lebih luas daripada M. alfredi.

Ukurannya yang bersifat raksasa bukan berarti bahwa Manta termasuk berbahaya bagi manusia. Manta justru cenderung cenderung jinak dan seringkali malah tidak terganggu dengan kehadiran penyelam yang berada di sekitarnya. Manta termasuk biota yang cerdas dengan ratio ukuran otak dan badan yang termasuk besar dibandingkan dengan biota laut lainnya.

Pari manta termasuk biota laut yang statusnya rentan terhadap kepunahan karena berbagai faktor yang mengancam populasinya. Salah satu faktor tersebut adalah pemanfaatan secara berlebihan terhadap insangnya yang dijadikan sebagai sup untuk kesehatan di banyak restoran di negara Tirai Bambu.

Beruntung, pada 2011, IUCN menetapkan status kedua jenis pari manta, M. birostris maupun M. alfredi, sebagai biota yang dilindungi karena statusnya yang rentan. Selain itu, Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 4 Tahun 2014 Tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Pari Manta yang baru ditetapkan pada awal 2014 lalu menjadikan perairan Nusantara menjadi cagar alam terbesar bagi biota yang hanya melahirkan satu anak dalam rentang waktu 2-6 tahun ini.

Advertisements