“Goa ini memiliki beberapa celah dan 3 lubang besar. Nanti di ujung goa, kita akan langsung berhadapan dengan laut lepas. Goa ini sangat dalam, tapi nanti kita akan menyelam di kedalaman sekitar 25 meter demi keamanan,” ujar Om Erick. “Bisa dikatakan, goa ini ujungnya ada di dasar bumi,” lanjutnya dengan nada bercanda.

September 2011. Saya bersama rekan-rekan saya, Fakhrizal Setiawan (Ubun) dan Taufik Abdillah (Opik) berkesempatan untuk menyelam di Kepulauan Padaido, Kabupaten Biak, Provinsi Papua untuk melakukan survei kesehatan terumbu karang.

Di satu kesempatan ketika kami sudah menyelesaikan kegiatan survei pada hari itu, kami bersepakat untuk melakukan fun dive. Wajar saja, setelah berkutat dengan data-data karang dan ikan di penyelaman-penyelaman sebelumnya, kelihatannya fun dive bisa me-refresh otak kami kembali. Sesuai dengan saran Om Erick Farwas, dive guide kami selama di Padaido, kami memutuskan sore itu kami menyelam di goa bawah laut. Goa ini terletak di sebelah barat pesisir Pulau Wundi. Kebetulan base kami pada itu memang di P. Wundi. Jadi tidak terlalu jauh untuk mencapai goa tersebut.Saya begitu bersemangat untuk melakukan penyelaman ini. Apalagi saya belum pernah melakukan penyelaman di goa bawah laut sebelumnya. Begitu pun dengan kedua rekan saya.

Sampai di lokasi, saya melihat lubang masuk ke dalam gua yang diameter-nya tidak lebih dari 10 meter di kedalaman yang tidak sampai 3 meter. “Goa ini memiliki beberapa celah dan 3 lubang besar. Nanti di ujung goa, kita akan langsung berhadapan dengan laut lepas. Goa ini sangat dalam, tapi nanti kita akan menyelam di kedalaman sekitar 25 meter demi keamanan,” ujar Om Erick. “Bisa dikatakan, goa ini ujungnya ada di dasar bumi,” lanjutnya dengan nada bercanda.

So, please enjoy the video 🙂

nb: Video ini dibuat dengan Canon G12. Pembuatan video ini sebenarnya tidak direncanakan jauh-jauh hari sebelum kami datang ke Biak. Jadi bisa dikatakan, ini hanya video colongan. Dan proses pembuatannya pun lebih bersifat improvisasi saja. Kami yang mengambil gambarnya, kami juga yang jadi artisnya :p Hitung-hitung latihan membuat film 🙂

Advertisements