“……Candi Gedong Songo, secara keseluruhan berjumlah 9 bangunan candi. Kompleks bangunan candi ini terletak di lereng Gunung Ungaran. Tidak semua bangunan candi berkumpul menjadi satu…..bangunan candi terlihat masih terawat dengan baik….”

Libur lebaran pada tahun 2011 lalu, saya gunakan untuk bersilaturahim ke rumah saudara saya yang berada di daerah Bandungan, Semarang.

Bandungan, selain terkenal dengan buah kelengkengnya yang sangat manis, memiliki salah satu peninggalan masa lalu berupa kompleks bangunan candi, yaitu Candi Gedong Songo. Kebetulan, kompleks bangunan candi ini letaknya dekat sekali dengan rumah saudara saya, hanya 10 menit naik motor. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan, saya bersama saudara saya langsung tancap gas menuju kompleks Candi.

Sesuai dengan namanya, Candi Gedong Songo, secara keseluruhan berjumlah 9 bangunan candi. Kompleks bangunan candi ini terletak di lereng Gunung Ungaran. Tidak semua bangunan candi berkumpul menjadi satu, ada yang terpisah-pisah berada di bukit yang berbeda. Secara keseluruhan, bangunan candi terlihat masih terawat dengan baik, walaupun di beberapa candi, batu-batu penyusunnya tampak sudah runtuh karena gempa.

Pemandangan alam dari kompleks candi ini terlihat indah. Letaknya yang di lereng gunung memungkinkan kita untuk melihat landskap Danau Rawa Pening. Satu hal yang sangat disayangkan dari kompleks candi ini adalah kebersihan yang jauh dari perhatian. Banyak sampah yang berserakan di hampir setiap sudut kompleks ini. Di tempat ini, saya susah sekali menemukan tempat sampah. Selain itu, (maaf) kotoran kuda juga mudah sekali ditemukan di sepanjang jalan di dalam kompleks ini. Kuda-kuda ini merupakan kuda sewaan yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk mendaki ke atas bukit sambil mengelilingi bangunan candi. Sayang sekali!

Candi Gedong Songo, kompleks bangunan candi yang masih terawat dengan cukup baik ini terletak di lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah. Ā© Edy Setyawan (September 2011)
Advertisements