“……Setiap jeram memiliki nama-nama khusus sesuai dengan karakteristiknya. Begitulah yang dijelaskan oleh sang pemandu kepada kami…..”

Ini adalah pengalaman saya yang pertama mengarungi jeram (rafting). Kembali ke masa 3 tahun yang lalu, tanggal 6 Maret 2009 di Riam Jeram Cicatih di Sukabumi, Jawa Barat. Kegiatan rafting ini adalah acara outing tahunan yang diselenggarakan TERANGI, tempat saya bekerja. Beruntung sekali saya saat itu, baru masuk kerja tanggal 2 Maret, beberapa hari kemudian langsung ada acara rafting di kantor. Saya begitu antusias karena ini pasti akan sangat seru. Belum pernah main di sungai karena biasanya main di laut šŸ˜€

Sebelum memulai rafting, kami semua harus menggunakan peralatan keselamatan berupa helm dan pelampung. Dan kami juga siap dengan dayung masing-masing. Ya…tim TERANGI siap untuk menaklukkan jeram Citatih!

Jumlah kami 13 orang sehingga kami dibagi menjadi 3 tim. Saat itu saya bersama Rinkko, Safran, Estra, dan satu orang “kapten” yang memandu kami selama rafting.

Perjalanan kami mengarungi jeram Cicatih berlangsung selama 2 jam dengan total 20 jeram yang kami taklukkan. Keliatannya lama, tapi 2 jam itu terasa cepat sekali karena sangat seru. Tidak terasa. Perjalanan dibagi menjadi dua sesi, masing-masing 1 jam dengan diiringi istirahat. Sambil istirahat kami menikmati hangatnya gorengan dan segarnya kelapa muda.

 

Setiap jeram memiliki nama-nama khusus sesuai dengan karakteristiknya. Begitulah yang dijelaskan oleh sang pemandu kepada kami. Dan dengan karakteristik yang berbeda, untuk menaklukkannya pun harus dengan cara yang berbeda pula. Mulai dari harus dilewati dengan cepat sehingga kami harus mengayuh dayung dengan cepat dan kuat, ada yang sebaliknya. Ada juga yang mengharuskan kami untuk masuk dan jongkok di dalam perahu karet. Kalau tidak bisa-bisa kami terpental dan tercebur ke dalam sungai. Jadi setiap akan memasuki jeram, sang pemandu yang duduk paling belakang memberikan instruksi kepada kami.

Seru dan menantang! Pastinya sensasinya berbeda banget dengan menyelam, walaupun sama-sama basah šŸ˜€

Advertisements